KEUTAMAAN SHOLAT JAMA’AH ATAS SHOLAT SENDIRIAN

Shalat berjama’ah sangat ditekankan bagi seorang muslim dimasjid jika tidak ada halangan dan tidak ada larangan bagi muslimah untuk ikut berjama’ah dimasjid. Shalat berjama’ah adalah lebih utama daripada shalat sendirian  sebagaimana  sabda Rasulullah SAW :

عن عبدالله بن عمر رضي الله عنهما أن النبي صلي الله عليه و سلم قال : صلاة الجماعة أفضل من صلاة الفذ بسبع و عشرين درجة

Artinya : “Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar Rodhiyallahu ‘anhumaa, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda : Sholat secara berjamaah lebih utama pahalanya di banding dengan sholat secara sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Muslim)

Hadits di atas menjelaskan tentang keutamaan sholat berjama’ah atas sholat secara sendirian. Dalam sholat berjama’ah terdapat banyak maslahat, diantaranya adalah berkumpulnya kaum muslimin dalam satu tempat untuk mengangungkan Allah SWT. Seiring waktu dengan seringnya berkumpul, maka akan terjalinlah suatu hal yang disebut dengan Al Ukhuwah Al Islamiyah (Persaudaraan sesama kaum muslimin).

Jika kaum muslimin sering berkumpul bersama untuk beribadah kepada Allah SWT, maka rasa saling mencintai akan sangat mudah di timbulkan. Sehingga ketika terjadi masalah dalam pribadi seorang muslim, teman sesama muslim lainnya bisa membantunya. Dan bila rasa saling mencintai sudah ada dalam diri kaum muslimin, maka jika saudaranya membutuhkan bantuan berupa harta mereka tak akan segan untuk mengeluarkannya.

Sebenarnya banyak maslahat yang di dapatkan bila kaum muslimin sholat berjama’ah. Seperti menguatkan barisan kaum muslimin, menampakkan syi’ar-syi’ar keislaman dan masih banyak lagi lainnya.

         Adapun faedah yang bisa diambil dari hadits diatas adalah :

  1. Menjelaskan bahwa sholat berjama’ah lebih utama dari pada sholat sendirian, yaitu dua puluh tujuh derajat di banding dengan yang sholat sendirian. Maka hendaknya bagi yang kesehariannya sholat sendiri dirumah cepat-cepat bertaubat. Jangan sia-siakan pahala yang senantiasa menunggu setiap harinya dalam lima waktu sholat tersebut. Jika yang sholat dirumah saja suruh cepat taubat, maka yang tidak sholat harus lebih cepat lagi. Kalau yang sholat dirumah taubatnya sekarang, maka yang tidak sholat harus taubat dari kemaren lusa. Hehe..,
  2. Semakin banyak jumlah jama’ah, semakin besar pula pahala yang di dapatkan. Terkadang seseorang mencari jama’ah masjid yang sholatnya cepat, tapi mereka lupa bahwa semakin banyak jama’ah semakin besar pula pahalanya. Bukan karena mereka tidak tahu hal ini, tapi setan telah melupakannya.
  3. Sungguh sangat jauh perbedaan pahala antara sholat sendirian dengan sholat berjama’ah. Bukan hanya satu banding dua atau satu banding sepuluh, tapi satu banding dua puluh tujuh. Bila seseorang sholat sendirian seharian pahalanya hanya lima. Kemudian kalo seseorang sholat berjama’ah pahalanya adalah 27 x 5 yaitu135. Selisihnya sungguh dramatis sekali, 130 bukanlah hal yang kecil namun ia sering kali di lalaikan oleh kebanyakan kaum muslimin.
  4. Bolehnya seorang muslim sholat secara sendirian. Dengan demikian besarnya pahala sholat berjama’ah, bukan berarti kita tidak boleh sholat secara sendirian. Lebih baik sholat sendiri dari pada tidak sholat sama sekali. Lebih baik dapat satu pahala dari pada tidak sama sekali. Namun tidaklah salah jika seseorang ingin mencari yang lebih utama hendaknya ia sholat berjama’ah bersama kaum muslimin lainnya. Hal ini bukan hanya tidak salah, namun ini adalah anjuran yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW yang di dalamnya tentu banyak maslahat baik yang kita sudah ketahui maupun yang belum kita ketahui. Wallahu a’lam bish showab…..
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp